Download this Blogger Template by Clicking Here!

Keywords

paving block, pabrik paving block, conblock, harga paving, harga paving block per meter, harga conblock, paving block indonesia, conblock indonesia, kanstin, harga kanstin, kanstein, ukuran kanstin, gorong-gorong, buis beton, harga buis beton, gorong-gorong beton, harga gorong-gorong beton, harga gorong-gorong, grassblock, jual grass block, ukuran grass block, beton, pagar panel beton, pagar beton

Widgets

Pemasangan Paving Block yang Baik dan Benar


Pemasangan paving block yang baik harus didahului dengan pemasangan benang pelurus/pembentuk untuk menentukan arah dan bentuk pola pemasangan, dapat dimulai pekerjaan pemasangan paving block dari satu arah untuk menghindari garis pertemuan yang tidak menyambung satu sama lain, agar tidak mengurangi keindahan pola & daya ikatan paving block satu sama lain.
Pemasangan paving block baris pertama, harus dijaga kelurusannya, dan mengikuti benang pembantu dengan sudut yang tepat terhadap beton pembatas dipinggirnya.
Lubang sisa di pinggir lapisan aving block yang dengan pola tulang ikan 45 derajat, diisi dengan: a/. Jika lubang sisa > ½ satuan, diisi dengan potongan paving block sesuai dengan bentuk dan besarnya. b/. Jika lubang sisa < ½ satuan, diisi dengan potongan paving block yang sesuai atau diisi dengan beton cor setempat. c/. Lubang pinggir antara beton pembatas dan lapisan paving block diisi dengan paving block berbentuk segi 4, yang dapat difungsikan sebagai tali air di depan benang pembatas.
Setelah pemasangan paving block mencapai luas 20 @  30 m2, segera dilakukan pemadatan dengan plate compactor, agar paving block mendesak ke dalam lapisan pasir atas, sehingga timbul gaya saling mengunci antar paving block aau sama lain.
Pada bagian pinggir lapisan paving block selebar 100 cm, tidak ikut dipadatkan dengan plate compactor lebih dahulu, agar paving block pinggir yang masih terbuka pinggirnya itu, tidak bergeser atau celahnya menjadi lebih lebar dari pola pemasangan.
Setelah lapisan paving block dipadatkan dengan alat pengetar, lalu ditebarkan pasir pengisi atau abu dengan sikat ijuk atau sapu lidi. Lebar celah antar paving block yang baik, adalah 2-4 mm. Jika lebar celah < 2 mm, pasir pengisi tak dapat memasuki, sehingga paving block mudah pecah bila menerima beban di atasnya. Jika lebar celah > 4 mm, tidak tercapai pola nampak tidak indah lagi.

SHARE THIS POST   

  • Facebook
  • Twitter
  • Myspace
  • Google Buzz
  • Reddit
  • Stumnleupon
  • Delicious
  • Digg
  • Technorati
Author: Mohammad
Mohammad is the founder of STC Network which offers Web Services and Online Business Solutions to clients around the globe. Read More →